RIM Investigasi Pembobolan BlackBerry PlayBook

Jakarta – Merespons laporan adanya praktik jailbreak BlackBerry PlayBook, Research In Motion (RIM) selaku pembesut tablet tersebut segera melakukan investigasi.

Dilansir AFP dan dikutip detikINET, Kamis (1/12/2011), laporan mengenai penjebolan PlayBook ini ibarat aib bagi RIM karena menodai reputasi RIM dalam hal keamanan.

Sebagai catatan, PlayBook menjadi perangkat tablet pertama yang memenangkan sertifikasi keamanan yang disetujui untuk penggunaan di instansi pemerintahan Amerika Serikat.

Dibandingkan dengan perangkat dengan OS populer lain seperti iOS Apple dan Android Google, software di perangkat buatan RIM terbilang jarang menjadi sasaran jailbreaker.

“Jika hasil investigasi membuktikan PlayBook dapat dijebol, RIM akan mengikuti proses respons standar, yakni membuat dan merilis update software. Update ini untuk meminimalkan dampak yang bisa mengenai konsumen atau operator yang menjadi mitra kami,” kata RIM.

Disebutkan RIM, para pengguna smartphone BlackBerry tidak terkena dampak dari praktik ini. Lagipula, PlayBook menggunakan QNX yang berbeda OS yang berjalan di smartphone BlackBerry.

Dalam sebuah postingan video di YouTube, tiga hacker mendemonstrasikan penggunaan tool bernama DingleBerry yang memungkinkan root access ke PlayBook, sehingga mereka bisa mengubah file atau program apapun dan mengendalikan fungsi perangkat tersebut.

Dalam demonstrasi tersebut, salah satunya diperlihatkan PlayBook mengakses layanan video internet video Hulu, yang sebenarnya tidak tersedia di tablet RIM tersebut.

detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: